“Gimana sih rasanya kerja di startup ?”. Mungkin pertanyaan ini pernah terpintas di diri kalian apalagi untuk yang baru lulus kuliah (fresh graduate) dan sedan mencari – cari pekerjaan. Di Indonesia sendiri banyak banget perusahaan startup, contohnya seperti Cicil, MISE Indonesia, Mentimun,  dan lain – lainnya. Untuk jumlah, perusahaan startup di Indonesia ada sekitar 1.431 (Info dari Startup Ranking).

Sebelum membahas lebih lanjut, Gue mau kasih tau ke Kamu “Apa sih arti dari startup?”. Menurut Wikipedia, Startup adalah perusahaan rintisan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Untuk kriteria sebuah perusahaan bisa dibilang “startup” adalah: (Sumber: Tech In Asia)
1. Usia kurang dari 3 tahun
2. Memiliki karyawan kurang dari 20 orang
3. Pendapatan kurang dari $100.000/tahun
4. Masih dalam taham pengembangan
5. Biasanya bergerak dalam bidang Teknologi
6. Produk yang diciptakan berbentuk Digital
7. Beroperasi secara Online

Sekarang udah pada ngertikan apa itu startup? Oke, sekarang Gue mau bagi pengalaman bekerja di perusahaan startup. So far, ada enaknya ada ngga nya tapi menurut Gue lebih banyak enaknya. Tapi ini hanya opini Gue sendiri loh ya, karena belum tentu menurut Gue nyaman tapi menurut Kamu ngga. Let’s Start!

A. Suasana Kantor yang Kekeluargaan

Suasana Kantor yang Kekeluargaan

Salah satu hal yang Gue suka saat kerja di perusahaan startup adalah suasana kekeluargaannya itu loh. Solid bener! Budaya startup tidak mengenal “Lu bawahan gue jadi lu harus hormat sama Gue”. Terkadang hubungan antara CEO perusahaan dengan karyawan udah kayak temen satu tongkrongan tapi tetep kalau kerja harus ada profesional. Temen – temen kerja juga kemungkinan usianya ngga jauh dari Kamu, karena kalau Gue liat dari sisi requirement itu maksimal usia masuk adalah 27 tahun. So, work hard, play hard and united together.

Malah terkadang, saking nyamannya kerja di startup ada temen Gue yang sampe – sampe bisa tidur di ruang brainstorming. Waktu sore dimana jam – jamnya mulai ngantuk ada aja yang beli chiki terutama yang cewe – cewe dan demen nyemil pasti banyak di ‘nyamukin’ sama si sneak seeker.

Eh iya, untuk ruang kerja biasanya startup itu konsepnya open space gitu. Ngga ada sekat – sekat di antara karyawan satu dengan yang lainnya. Jadi, Kamu bisa tuh panggil si A tanpa harus nelpon atau chat.

B. Manajemen Masih Belum Rapih

Cintai Pekerjaanmu

Dikarenakan masih baru, terkadang peraturan dan standar operasional prosedur (SOP)dari perusahaan sendiri masih banyak yang longgar. Contohnya nih kayak masuk telat, paling cuma di tanyain aja sama si Boss kenapa telat. Coba Kamu masuk perusahaan besar, telat lebih dari batas wajar langsung potong gaji :(. Wajar sih namanya juga masih baru kan. Perusahaan seperti Google mungkin pernah mengalami hal yang sama sebelum menjadi besar seperti sekarang toh?

C. Tempat Menimba Ilmu

Lebih Banyak Tahu

Jika Kamu sekarang ini adalah lulusan baru (fresh graduate), memilih startup sebagai awal dari kariri mu menurut Gue sendiri adalah pilihan yang tepat. Kenapa? Karena disini Kamu tidak akan merasa dikucilkan ketika tidak bisa mengerjakan sesuatu, ada para Senior disini yang bisa bantu mengajarkan.

Kemudian, apabila Kamu ngerasa tidak cocok dengan posisi yang didapatkan. Perusahaan tidak segan untuk memberikan kesempatan untuk mencoba bidang pekerjaan yang baru. Ada tapinya. Kamu harus membuktikan kalau Kamu itu mampu dan mau belajar lebih banyak.

D. Sering di Kejar Deadline

Deadline Garis Keras

Yang namanya dikejar – kejar emang ngga ada yang enak sih. Tapi mau gimana lagi, kerja di startup itu terkadang berasa di kejar – kejar oleh waktu apalagi perusahaan startup digital agency yang punya banyak klien. Luar biasa sekali beban kerjanya kayak gimana. Contohnya gini, Kamu di berikan satu task (tugas) seperti membuat sebuah desain tampilan dari website, biasanya deadline yang diberikan oleh atasan itu terlalu cepat (kurang dari seminggu biasanya) karena ingin mengejar target atau sudah di tagih oleh klien. Nah, pada saat ini mental kalian di uji.

Kira – kira itu sih yang Kamu rasakan ketika nanti kerja di Startup. Saran dari Gue buat Kamu yang baru lulus, carilah pekerjaan sesuai dengan minat karena sesuatu pekerjaan yang di jalankan dengan hati akan indah pada waktunya. Sedap bat bahasa nya!

Gimana menurut Kalian? Setuju dengan opini Gue? atau mungkin ada yang masih kurang bisa kirim pendapat Kamu di kolom komentar dibawah ini. Maacih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here