Hallo guys! Udah pada tau kalau Samsung udah ngerilis smartphone flagship terbarunya, yaitu Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus? Jadi, 29 Maret kemarin di New York. Samsung secara resmi memperkenalkan smartphone terbaru dengan harganya yang tidak cincai di kantong bernama Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus (Ngga ada lagi Edge, karena kedua tipe memiliki bezel yang melengkung di sisi kanan dan kirinya). Selain meningkatkan spesifikasi hardwarenya, Samsung juga menghadirkan fitur terbaru Samsung Galaxy S8 sehingga membuat smartphone ini makin canggih dan nyaman dipakai.

Nah. Pertanyaan yang paling Gue sering denger ketika ada smartphone baru dirilis itu adalah “Berapa harganya?”. Oke, menurut Vebbyna Kaunang (bukan kakaknya Tessa Kaunang loh ya), IT and Mobile Marketing Director Samsung Indonesia mengatakan Samsung Galaxy S8 akan di banderol dengan harga¬†10,5 juta Rupiah dan Galaxy S8 Plus 12,5 juta Rupiah. Lebih mahal 1,5 – 2 juta dibandingkan dengan Galaxy S7. (sumber: kompas.com)

Back to topic! Dengan harga tersebut kalian bisa mendapatkan fitur terbaru yang ada di Samsung Galaxy S8 loh, salah satunya adalah Bixby yang merupakan asisten virtual buatan Samsung sendiri yang diklaim lebih pintar dibandingkan Google Assistant nya milik Google. Nah, kalo Samsung udah ngeluarin smartphone flagship terbarunya? Terus bagaimana dengan rival beratnya yaitu Apple? Pecinta iPhone tentu saat ini sedang menantikan apa sih fitur yang akan di usung Apple untuk iPhone generasi berikutnya.

Jika Kamu adalah Apple Fanboy. Tentunya bakal iri ini nih liat fitur terbaru Samsung Galaxy S8 yang akan Gue jelasin setelah ini. Yuk, langsung di simak aja.

Fitur Terbaru Samsung Galaxy S8

1. Bezel Tipis

Bezel Tipis Samsung Galaxy S8

Apa respon Kamu setelah melihat gambar di atas ini? Jika Kamu perhatikan tampak depan dari Galaxy S8 ini adalah layar semua, dikarenakan desain less-bezel yang digunakan oleh Samsung. Bagian sisi kanan dan kiri smartphone ini di desain melengkung mirip seperti S7 Edge. Dengan desain melengkung ini membuat kesan elegan dan memudahkan grip saat memegangnya dengan satu tangan aja loh. Jujur Gue ini adalah pecinta produk Apple dan rada gimana gitu kalo dengan kata Samsung, tapi pas liat Galaxy S8 jadi naksir gitu. Naksir pada pandangan pertama.

Gimana iPhone Fans? Kalian pengen dong sekali – sekali punya iPhone dengan layar melengkung gitu.

2. Tombol ‘Home’ Virtual

Virtual Home Button Samsung Galaxy S8

Samsung mengganti wujud fisik tombol ‘Home’ pada Galaxy S8 dengan Always on Home Button. Nah, ketika Kamu punya smartphone ini ngga ada lagi tuh suara ‘cetak cetek’ pas teken tombol ‘Home’, karena untuk kembali ke Menu Utama/Home hanya cukup satu sentuhan saja.¬†Dengan adanya fitur ini menghadirkan kesan “Infinity Display”, yang artinya Kamu tidak akan melihat tombol apa – apa lagi ada di bagian depan smartphone-mu. Bikin iri ga sih?

Menurut rumor yang beredar, Apple juga bakal menghadirkan virtual home button di iPhone 8 atau iPhone X dengan fungsi Touch ID yang sama. Soo, Kita tunggu aja nih. Surprise apa yang bakal Apple hadirkan di iPhone terbarunya itu.

3. Wireless Charging

Wireless Charging Samasung Galaxy S8

Nah, ini nih yang diharapkan oleh sebagian besar pengguna iPhone. Wireless Charging! Dengan fitur ini Kamu tidak memerlukan lagi tuh charger adapter + usb cablenya. Seinget Gue pernah ada di Youtube video Samsung yang nyinggung Apple mengenai Wireless Charging. Emang sih sampe sekarang, iPhone terbaru milik Apple ini belum punya Wireless Charging.

Hayoo kamu udah mulai iri belum sama fitur terbaru Samsung Galaxy S8? No problem guys! Konon katanya sih di iPhone generasi terbarunya Apple berencana akan menghadirkan wireless charging. Jangan baper dulu ya, takutnya di php-in lagi.

4. Fast Charging

Fast Charging Samsung Galaxy S8

Fitur Fast Charging sudah banyak digunakan oleh beberapa brand smartphone Android, seperti Samsung, Xiaomi, OnePlus dan lain – lainnya. Dan sepertinya, pengguna iPhone membutuhkan fitur ini. Kenapa? Dengan fitur ini, Kamu dapat menghemat waktu pengisian baterai smartphone. Contohnya, OnePlus 3T yang dapat mengisi ulang baterai sampai 50% hanya dalam waktu 5-10 menit. Lebih efisien toh.

Jadi, om Tim Cook. Kapan nih iPhone bisa punya fitur Fast Charging?

5. Samsung DeX

Samsung DeX

Mau main Game Android di desktop? Samsung memperkenalkan fitur Samsung DeX, dimana dengan fitur ini Kamu dapat menjalankan aplikasi yang terinstall di Samsung Galaxy S8 di desktop. Kalau kalian tahun aplikasi Bluestack. Nah, mirip seperti itu kira – kira gambarannya.

Untuk menggunakan fitur DeX ini, Kamu harus beli DeX station-nya terlebih dahulu. Kemudian tinggal sambungkan aja tuh ke layar desktop/monitor yang ada di rumah.

6. Iris Scanner

Iris Scanner Samsung Galaxy S8

Jika iPhone saat ini masih berkutat dengan teknologi sidik jarinya (fingerprint). Lain halnya dengan Samsung, yang menghadirkan fitur Iris Scanner. Dengan fitur ini pengguna Samsung Galaxy S8 dapat membuka kunci dengan sensor pengenal iris mata. Keren bangetkan ya?

Gue yakin kamu udah mulai makin – makin iri dengan Galaxy S8 ini. Loyalitas Kita sebagai Fanboy di uji guys.

7. Face Detection

Face Recognition Samsung Galaxy S8

Selain Iris Scanner. Samsung Galaxy S8 juga dapat memindai (scanning) wajah penggunanya untuk membuka kunci. Respon sensornya bisa dibilang cepet banget. Tapi.. dalam artikel yang Gue baca, ternyata teknologi Face Detection ini masih ada bug nih. Apa itu? Dalam sebuah video yang bisa Kamu liat dibawah ini, menunjukkan ada seseorang yang menggunakan foto miliknya kemudian di hadapkan langsung ke Galaxy S8 ini hasilnya mengejutkan guys, layar kunci langsung terbuka (unlocked).

8. Bixby

Bixby Samsung Galaxy S8

Seperti yang udah Gue singgung sebelumnya. Samsung kini punya asisten virtual tersendiri loh yang diberi nama Bixby. Kemampuannya di klaim dapat mengalahkan Google Assistant milik Google. Yang membuatnya lebih canggih dibandingkan asisten virtual lainnya adalah kemampuannya untuk memberikan informasi dari objek gambar yang di tangkap oleh kamera. Kerenkan?

Inikah saingan kamu Mbak Siri? Well, Gue sih berharap Siri nanti makin lebih canggih di update iOS berikutnya. Semoga..

9. Bluetooth 5.0

Bluetooth5 Samsung Galaxy S8

Terakhir, ini bukan fitur sih menurut Gue. Tapi Gue masukin karena Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus adalah yang pertama kali menggunakan teknologi Bluetooth 5.0. Apa bedanya dengan 4.2? Yang pasti transfer datanya lebih cepat dua kali lipat dan coverage discoverablenya up to 240 meter. Jauh juga ya. Mungkin Kamu bisa lari – lari keliling komplek sambil dengerin lagu, tapi dengan kondisi Galaxy S8 ditinggal di rumah.

Tunggu dulu. Jangan di tutup dulu tab browsernya, karena Gue punya video First Impression (Pengalaman pertama) Menggunakan Samsung Galaxy S8 ini. Check this video below ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here