Hallo Guys! Pertama – tama, artikel yang nanti akan Kamu baca merupakan opini dari Gue sendiri yang ingin berbagi pengalaman setelah menggunakan suatu layanan, produk dan lain – lainnya yang punya potensi untuk di review sama Gue langsung. Let’s start.

Buat Kamu yang tinggal di kota – kota besar mungkin sudah tahu akan keberadaan moda transportasi online. Sebenernya banyak yang perusahaan yang menyediakan layanan transportasi untuk mempermudah pengguna berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain dengan aman dan nyaman, tapi disini Gue bakal ngebahas salah satu dari tiga daftar perusahaan yang mungkin paling sering Kamu liat di jalanan. Yap, mereka adalah Go-Jek, Uber dan Grab. Nah, dalam artikel ini Gue mau berbagi pengalaman menggunakan fitur yang sudah lama ada (dan baru dipake karena baru sadar ada) dari Grab, yaitu GrabNow.

Apa itu GrabNow?

GrabNow adalah fitur yang memudahkan Kamu menemukan pengemudi yang akan mengantarkan dirimu untuk pergi ke suatu tempat yang sudah ditentukan terlebih dahulu ya, cukup menghubungkan handphone Kamu dengan handphone pengemudi lewat aplikasi Grab.

Tips dari Gue (yang kurang bermutu). Jangan request minta pergi ke pelaminan aja ya, khususnya buat yang masih Single alias Jomblo nih. Akan tetapi, fitur GrabNow pada aplikasi Grab hanya dapat digunakan untuk layanan GrabBike.

Mungkin ada pertanyaan begini nih. “Kok cuma GrabBike, kenapa GrabCar ngga bisa pakai GrabNow?”. Simple aja sih jawabnya. Susah! Kamu mungkin ngga tahu kan mana mobil yang supirnya gabung dengan Grab atau tidak, karena tidak ada atribut Grab seperti yang dikenakan oleh pengemudi layanan GrabBike (Jaket hijau dengan tulisan Grab di bagian belakan jaket). Itu salah satu alasannya sih, alasan lainnya Gue serahkan ke pihak Grab sendiri.

Bagaimana Cara Menggunakan Fitur GrabNow?

Menggunakan Fitur ini mudah banget kok, seperti membalikkan telapak tangan. Berikut adalah cara menggunakan fitur GrabNow di aplikasi Grab.

Note: Pastikan Kamu sudah menemukan pengemudi GrabBike nya ya dan izinkan akses aplikasi Grab untuk mengakses Bluetooth (untuk iOS) dan lain – lainnya karena Gue ngga tau Kalo di Android akses apa yang diminta.

1. Buka Aplikasi Grab. Jika belum menggunakan versi terbaru silahkan update terlebih dahulu lewat Play Store (Android) dan App Store (iOS).

2. Masukan lokasi penjemputan (Pick Off) dan kemana Kamu akan pergi (Drop Off)

3. Klik “GUNAKAN GRABNOW” atau “USE GRABNOW

4. Tekan “HUBUNGKAN” atau “CONNECT” untuk memulai pairing dengan handphone pengemudi Grab

5. Setelah terhubung tinggal Kamu konfirmasi aja pengemudi GrabBike nya.

Apabila tidak dapat terhubung dengan pengemudi, tenang ada cara alternatifnya kok. Jadi, setelah Kamu masuk ke step klik “HUBUNGKAN” atau “CONNECT“. Lalu, pilih “ENTER CODE” atau “MASUKKAN KODE” yang letaknya ada di bagian bawah. Silahkan Kamu masukkan 6 digit kode yang dimiliki oleh pengemudi. Selanjutnya tinggal konfirmasi pengemudinya aja.

Review (Entah Bermutu atau Ngga) Fitur GrabNow

Awal mula kenapa pake GrabNow kita mulai dari Te Ka Pe (OVJ abiz). Oke, sekarang harus serius. Jadi, waktu itu mau berangkat ke kantor dan pas banget ketemu sama temen Gue yang sambilannya nge-Grab gitu. Nah, biar bisa bareng dia ke kantornya Gue coba dah tuh fitur GrabNow. Awalnya sempet susah pairing/terhubung antara handphone Gue dan handphone temen Gue. Akhirnya pake alternatif input kode yang ada di aplikasi Grab temen Gue ini dan akhirnya kita akhirnya terhubung, kenalan terus jadian deh. Emang sih mirip aplikasi chatting yang di iklannya ada si Al dan Ariel Tatum (Kalo Ngga salah), yang kalau mau chat harus terhubung atau matching dulu.

Kesimpulan Fitur GrabNow (Semoga Bermanfaat)

Kesimpulannya sih, fitur ini sangat membantu banget nih buat Kamu yang lagi buru – buru mau sampe tempat tujuan cocok nih buat yang sering naik ojek langganan tikungan komplek dan ojek langganan Kamu udah beralih jadi Grab semua. Kemudian keuntungan untuk driver adalah lebih cepat untuk mendapatkan order, mendapatkan langganan jika ia mangkal di suatu wilayah tempat tinggalnya dan dimanapun kapanpun fitur ini bisa digunakan selama Grab belum menon-aktifkan fitur GrabNow.

Kekurangannya dari sudut pandang Gue adalah bisa jadi ketika Kamu lagi di pinggiran jalan tempat yang ramai kayak Mal atau Kantor bakal ada pengemudi GrabBike yang bilang kayak gini “Ayo abang anterin neng, pake GrabNow aja lebih murah daripada harga kwaci”. Kalo Gue sendiri sih ngedenger kata – kata itu agak risih ya, SKSD banget walaupun Gue bukan si ‘eneng’ itu. Tapi, minim terjadi sih menurut Gue.

Mungkin dari Kamu ada yang setuju dan tidak setuju dengan opini Gue diatas? Bisa kasih saran dan kritik yang membangun di kolom komentar di bawah ini. Please kasih komen yang berguna, jangan isinya “Peninggi Badan Ampuh. Cek di www.blablabla.com”. Udah pasti langsung Gue masukin spam soalnya.

Disclaimer: Artikel ini Gue buat semata – mata hanya untuk menyampaikan opini Gue aja ya, tidak ada unsur promosi atau lain – lainnya. Jika ada kata kata yang kurang berkenan monggo kasih sarannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here