iPhone tidak terdeteksi oleh iTunes, Kenapa?

Guys, pernah ga sih Kamu mengalami iPhone tidak terdeteksi oleh iTunes, padahal sudah terhubung ke PC, Laptop atau Mac kalian? Penyebabnya di karenakan beberapa faktor Hardware atau Software.  Sekarang jangan khawatir, kalian tidak sendiri. Easy guys, karena Gue punya beberapa tips yang bisa di coba untuk mengatasi masalah tersebut. Let’s Start!

1. Hardware Check

First thing to do adalah Kamu bisa coba untuk membersihkan port charger yang mungkin ada debu disana, syukur – syukur cuma debu kalau sampai ada orang yang ada disana kan repot. Nah, ini iPhone atau kos – kosan? Untuk membersihkannya kalian bisa menggunakan kain atau tisu tipis. Jangan di tiup ya guys, Kamu bukan mbah dukun yang lagi baca mantra soalnya.

Selanjutnya, Kamu bisa memastikan kalau cable lightning dalam kondisi yang baik. Tidak ada bekas sobekan atau gigitan tikus. Jika dirasa tidak ada yang aneh, Kamu bisa coba untuk menghubungkan kembali iPhone dengan PC, Laptop atau Mac. Bagaimana? Masih tidak terdeteksi oleh iTunes? Mohon bersabar ini ujian.

2. Software Check

Apabila tips yang Gue kasih sebelumnya belum berhasil. Masih ada beberapa yang bisa di coba oleh Kamu untuk memperbaiki masalah ini.

A.) Update iTunes ke Versi Terbaru

Terkadang, Kamu suka melupakan untuk selalu up to date dengan versi iTunes yang digunakan. Hal tersebut terdengar sepele emang, tapi tahukah kalian semakin baru versi iTunes maka kemampuan untuk mendeteksi perangkat iPhone terbaru sangat baik. Contohnya adalah iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang diperkenalkan oleh Apple tahun 2016 lalu yang membutuhkan iTunes versi 12.5. Jika tidak, maka pastinya iPhone tidak terdeteksi oleh iTunes.

Berikut adalah panduan update iTunes di Mac dan Windows.

♦ Cara Update iTunes di Mac

Tidak susah untuk update iTunes di perangkat Mac. Akan tetapi, misalkan saat ini Kamu menggunakan Mac dengan versi OS yang bisa dibilang ketinggalah atau sebutan kerennya jadul maka akan menemukan informasi kalau iTunes sudah dalam posisi versi terbaru. Ya memang, karena untuk menggunakan iTunes 12.5 minimal spesifikasinya adalah OS X 10.9.5.

Kamu bisa update iTunes di perangkat Mac, sebagai berikut.
1. Buka iTunes
2. Klik menu iTunes
3. Pilih Check for Updates…
4. Secara Otomatis iTunes akan mencoba untuk terhubung ke server Apple untuk download versi terbaru (jika tersedia).

Note: Alternatif dari cara di atas adalah Kamu bisa update iTunes melalui Mac App Store yang menurut Gue sendiri lebih gampang.

♦ Cara Update iTunes di Windows

Biasanya setiap Kamu buka aplikasi iTunes, secara otomatis iTunes akan melakukan check for updates. Apabila ada versi terbaru maka akan muncul Pop up seperti ini “Will you Marry me?”. Wupps.. Kidding guys. Yaa pokoknya tulisan di Pop up nya tersebut adalah meminta persetujuan Kamu mau update iTunes nya atau nanti aja siangan dikit. Nah, if you miss the first pop up update, Kamu bisa lakukan update secara manual sebagai berikut.

1. Buka iTunes
2. Klik menu Help
3. Pilih Check for Updates
4. Aplikasi iTunes akan mengecek ke server Apple apakah ada versi terbaru untuk dirinya.

Setelah update selesai, Kamu bisa coba lagi untuk menghubungkan iPhone ke Laptop atau Mac. See what happen. So, what’s the result? Apakah solusi pertama dari masalah iPhone tidak terdeteksi oleh iTunes ini tidak berpengaruh?

B). Restart iPhone dan Laptop/Mac

Cara Reset iPhone

Next solution adalah Kamu bisa Restart iPhone terlebih dahulu. Caranya adalah dengan menekan tombol Home dan Power secara bersamaan, tahan sampai Layar iPhone mati dan ketika Logo Apple muncul kembali lepas. Nah kalo sudah tinggal reset Laptop atau Mac Kamu deh. Nanti setelah kedua – duanya udah aktif lagi, bisa di coba lagi.

C). Uninstall dan Reinstall iTunes

Cara Uninstall iTunes

Kemungkinan masalah iPhone tidak terdeteksi oleh iTunes ini disebabkan masalah pad iTunesnya, entah itu karena ada file yang hilang atau korup. Nah, untuk mengatasi hal ini kalian perlu melakukan instalasi ulang/reinstall. Untuk pengguna Mac caranya lumayan banyak step nya. Yuk disimak.

1. Buka Finder dari Mac Kamu
2. Kemudian pilih Application
3. Control-klik pada iTunes
4. Pilih Get Info

Unisntall iTunes di Mac Step 1
via iMore.com

5. Selanjutnya, klik icon padlock (kunci gembok) yang letaknya ada di bagian bawah kanan
6. Masukkan password administrator
7. Klik Sharing & Permissions untuk membuka window
8. Pilih Everyone dan ubah permission menjadi Read & Write

via iMore.com

9. Setelah itu, Kamu bisa close Finder
10. Sekarang kembali ke Finder. Lalu, drag n drop iTunes ke Trash (Tong Sampah)
11. Download iTunes kembali dan lakukan instalasi seperti biasa.

Untuk pengguna Windows, ada beberapa komponen yang harus Kamu hapus melalui Control Panel di PC/Laptop Windows-mu, yaitu:

  • iTunes
  • Apple Software Update
  • Apple Mobile Device Support
  • Bonjour
  • Apple Applications Support 32-bit
  • Apple Applications Support 64-bit

Setelah semua komponen iTunes sudah Kamu uninstall, maka lakukan instalasi ulang dengan download aplikasinya tersebut di Website Apple ini. Jika Kamu membutuhkan bantuan untuk Uninstall iTunes di Windows, bisa baca Halaman Support Apple ini.

Instalasi ulangnya sudah? Tutup iTunesnya terlebih dahulu. Kalau sudah coba hubungkan iPhone ke Laptop/Mac and see what happen.

D). Reset Location & Privacy dari iPhone Kamu

Mungkin saat pertama kali Kamu menghubungkan iPhone dengan Laptop/Mac akan muncul pop up meminta izin untuk agar iPhone dapat di akses di Laptop/Mac yang sedang Kamu gunakan saat ini. Dari kedua pilihan “Trust” dan “Don’t Trust” terkadang Kamu secara tidak sengaja atau sengaja memilih “Don’t Trust”. Hal tersebut dapat menyebabkan iPhone tidak akan dikenali oleh Laptop/Mac.

Solusi dari masalah tersebut adalah Kamu dapat Reset Pengaturan dari Location & Privacy. Caranya sebagai berikut.

1. Buka menu Settings
2. Pilih General
3. Pilih Reset


4. Pilih Reset Location & Privacy
5. Masukkan passcode jika diminta
6. Pilih Reset Settings

iPhone akan melakukan restart. Setelah nyala kembali Kamu coba untuk hubungkan kembali iPhone dengan Laptop/Mac. Apakah iTunes sudah dapat mendeteksi iPhone Kamu?

E). Bawa Ke Service Center Apple

“Bro, kok iTunes nya masih ngga bisa kenalin iPhone nya ya?” Mungkin salah satu dari mereka harus berani kenalan terlebih dahulu, mungkin iPhone yang mau memulai. Haha becanda deng. Saran dari Gue adalah ketika Kamu sudah mencoba keempat step diatas tapi masih belum bisa ada baiknya datang langsung ke Service Center Apple terdekat di Kota Kamu untuk memastikan penyebabnya karena apa. Saran dari Gue adalah cari yang Trusted ya, untuk mencegah hal yang tidak di inginkan ke depannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here