Kamu tentu pernah denger dong kata KW alias Imitasi/Tiruan. Kayaknya udah ngga hal yang tabu ya kehadiran produk KW di kehidupan sehari – hari, masalahnya hampir semua kategori produk mulai dari fashion sampe ke elektronik ada tuh tiruannya. Kerennya lagi, terkadang Kita pasti pernah tuh ketipu sama produk KW karena bentuknya yang hampir mirip sama brand asli. Tapi, semirip – miripnya pasti ada lah kekurangannya asalkan lebih cermat aja sih sebelum membeli.

Produk KW/Imitasi sangat susah banget guys untuk di bedakan antara yang asli. Oleh karena itu, sekarang banyak banget tuh pengguna barang KW di Indonesia. You knowlah yang penting gaya dulu ya kan urusan asli atau ngga nya belakangan aja.

Kalo pribadi Gue sih sah – sah aja sih, karena Gue pernah sih beli produk KW karena waktu itu masih awam. Jadi, awalnya Gue beli adapter charger (yang kepalanya itu loh) untuk iPhone di online shop. Salahnya adalah Gue tergiur dengan harga yang murah nih dan penjualnya bilang lagi ngabisin stok nya jadi banting harga. Langsung beli dan barangpun tiba. First time pake not bad lah, ngisi nya normal. Makin lama mulai ada keanehan nih, adapter charger panas banget dan Gue mulai liat ada lelehan plastik di bagian USB connectornya. Horor banget dah, ngerinya nanti bisa bikin Smartphone panas dan buruk – buruknya terbakar kan ngga lucu. Padahal awalnya ngga kenapa – kenapa. Gue cek cek ternyata charger yang Gue beli itu KW men! Yaa gapapalah, kalo kata Soleh Solihun sih Hidup anda tidak pernah lengkap kalau belum pernah merasakan namanya tertipu.

Nah dari pengalaman ini, Gue mau bagi tips aja nih buat bedain charger asli dan palsu biar ngga kena tipu terus, emang ngga cape apa di PHP-in terus sama doi? (Loh kok curhat). Langsung aja deh check this out!

1. Perhatikan Bentuk Chargernya

Beda Charger Asli dan Palsu
Image by penYakki

Cara pertama untuk membedakan charger asli dan palsu adalah cek bentuk dari chargernya. Biasanya charger KW atau palsu itu memiliki bentuk yang beda dari yang versi original nya dan tentunya kualitasnya lebih rendah ya. Contohnya seperti gambar di atas, bisa kalian lihat kalau diperhatikan lebih jelas charger yang palsu ini memiliki garis sampai ke bawah sedangkan yang asli tidak. Atau bisa aja bahan plastik yang digunakan versi asli biasanya lebih mulus di bandingkan yang palsu.

2. Perhatikan Tulisan Yang Tertera di Charger

Beda Kode Serial Charger Asli dan Palsu
Image by penYakki

Nah bagian ini Kamu harus lebih teliti nih. Biasanya yang palsu itu ada tulisan yang bisa di bilang janggal. Seperti logonya mungkin tidak secerah yang aslinya atau desain logo yang kelihatannya beda atau tulisan “Made in …. ” nya ngga sesuai. Tapi ngga semua yang Made in China itu palsu loh ya, karena sekarang hampir semua perusahaan Smartphone merakit produknya disana dikarenakan biaya produksi di Tiongkok lebih ekonomis.

3. Cek Connector

Image by penYakki
Image by penYakki

Cara selanjutnya untuk memebdakan charger asli dan palsu adalah dari konektornya. Biasanya ada yang janggal juga nih, sebagai contoh konektornya yang lebih panjang daripada yang original. Bingung? Biarkan gambar di atas yang menjelaskan.

4. Font Yang Digunakan pada Brand Aneh

Image by penYakki

Nah ini nih ketelitian Kamu akan di uji lagi. Jika kalian lihat ada yang janggal pada tulisan Brand (sebagai contoh di sini adalah Samsung) itu kelihatannya ada yang aneh itu udah pasti guys charger yang kalian beli itu palsu. Agak susah sih emang membandingkannya. Oleh karena itu, untuk tips nomor empat ini Kamu harus punya pembandingnya sih biar ketahuan beda charger asli dan palsu.

5. Harga Tidak Pernah Menipu

Ini nih yang paling penting dari semuanya biar tahu beda charger asli dan palsu. Jangan pernah tergiur dengan harga yang murah ya guys, karena biasanya charger palsu itu di jualnya dengan harga murah. Tapi kalau emang lagi kepepet gapapalah beli yang palsu, inget cuma sementara loh ya. Pernah denger “Ada Harga ‘Ada’ Barang”. Nah inti dari tips Gue ini adalah lebih teliti aja sih sebelum beli terus kalau bisa riset harga dulu buat mastiin kalau charger yang akan kalian beli tidak kemurahan/kemahalan atau ada indikasi palsu.

Jika postingan ini bermanfaat silahkan bagikan artikel ini dengan klik salah satu tombol Sosmed yang ada di bawah. Buat yang pernah punya pengalaman kena korban beli charger palsu bisa juga share pengalaman kamu di kolom komentar di bawah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here