Udah ngga bisa pungkiri lagi Search Engine (Mesin Pencarian) adalah salah satu sumber trafik pengunjung terbesar dari website yang Kamu punya. Dengan hadirnya Search Engine, seperti Google, Yahoo!, Bing dan lain – lainnya seperti perantara antara pencari informasi dan pemberi informasi. Ya bisa di ibaratkan dengan Pasar kali ya, pengunjung = konsumen sedangkan pemilik website = penjual.

Masih lagi berandai – andai di pasar. Nah, sebagai pemilik website pasti mau dong konten yang ada di websitenya banyak di baca oleh orang alias ‘laku’? Salah satu yang harus dilakukan adalah melakukan pembenahan atau optimasi SEO website. Selain baik untuk peningkatan trafik, optimasi SEO membuat website yang Kamu punya menjadi terlihat lebih baik di mata Search Engine (Mesin Pencari).

Oke, disini Gue ngga mau jelasin tentang tips – tips optimasi SEO, tapi yang mau dibagikan kali ini adalah tools yang dapat Kalian gunakan dalam melakukan optimasi SEO website. So, let’s check thiis out!

1. Google Trends 

Image oleh bluekeyinteractive.com

Dengan Google Trends Kamu dapat mendapatkan ide keyword (kata kunci) atau topik pembahasan yang akan digunakan dalam membuat sebuah konten di dalam website. Sebagai contoh, misalkan pemberitaan yang sekarang lagi banyak di media yaitu kasus bullying. Dengan kata kunci bullying ini dapat memberikan Kamu ide untuk membuat sebuah konten, seperti “Tips terhindar dari bullying” “Fakta seputar bullying” atau lain – lainnya.

Kamu bisa buka link berikut ini untuk coba Google Trends. (Pilih salah satu aja)
a. https://trends.google.com/trends/, atau
b. https://trends.google.co.id/trends/

2. Google Adwords Keyword Planner

Image oleh yellowhammerinteractive.com

Oke, yang kedua adalah tools dari Google (lagi) yang dapat membantu Kamu seberapa banyak kompetitor yang menggunakan keyword yang sama dengan pemikiran Kamu. Selain itu, tools ini banyak digunakan untuk teknik optimasi seo website loh!. Misalkan, Kamu ingin menggunakan keyword “iPhone”. Nah, keyword ini kan bersifat global jadi udah pasti banyak banget saingannya kan. Akan lebih baik sih jika menggunakan keyword yang lebih tertarget, contoh: “Cara Update iPhone”, “Cara Jailbreak iPhone” atau lain – lainnya.

Untuk coba Google Adwords Keyword Planner ini, Kamu bisa buka link berikut http://adwords.google.com/keywordplanner (Login menggunakan akun Google Kamu).

3. Robots.txt Tester

Robots txt Tester
Image oleh xovi.com

Perkenalan dulu kali ya, Robots.txt adalah sebuah file yang ada di dalam sebuah website untuk memberitahu Search Engine (Mesin Pencarian) halaman mana saja dari website yang tidak boleh di kunjungi oleh robot crawler. Contohnya seperti ini Kamu punya halaman statis di website yang ngga penting – penting amat, nah Kamu bisa menambahkan exception (pengecualian) di Robots.txt ini agar si robot crawler ini tidak mengunjungi halaman statis yang dimaksud oleh Kamu.

Saran dari Gue sendiri adalah jangan coba – coba edit Robots.txt kalau belum terlalu paham benar cara penggunaannya ya, soalnya jika ada salah bisa – bisa konten yang ada di website Kamu tidak bisa muncul di Search Engine (Mesin Pencarian).

Untuk cek apakah konten yang ada di sebuah website tidak dapat di crawler oleh robot, yang harus Kamu lakukan adalah menggunakan Robots.txt Tester dari Google Webmaster Tools. Sebelum menggunakannya, silahkan hubungkan terlebih dahulu website Kamu dengan Google Webmaster. Jika sudah silahkan kunjungi link berikut ini https://www.google.com/webmasters/tools/robots-testing-tool.

4. Structured Data Testing Tools

Structured Data Tool Testing
Image oleh woorkup.com

Tools yang satu ini dapat membantu Kamu untuk cek bagaimana Google melakukan parsing atau bisa dibilang menguraikan data apa saja yang ada di website milik Kamu apakah sudah sesuai atau belum dan kemudian menampilkannya ke hasil pencarian.

Untuk menggunakan tools ini pertama – tama Kamu harus buka link berikut https://search.google.com/structured-data/testing-tool. Kemudian input nama website Kamu misalkan “https://blogbiner.com/” atau “blogbiner.com”, setelah itu klik “Run Test”. Setelah test selesai dilakukan silahkan untuk cek apakah ada data yang tidak dapat di parsing oleh tools dari Google ini.

5. Mobile Friendly Tool

Mobile Friendly Testing
Image oleh socialninja.market

Era smartphone yang sudah makin gila – gilaan, sampe handphone tuh kayak kacang gampang banget buat di beli. Beda sama zaman Gue dulu bisa main Space Impact aja udah seneng banget. Well, faktanya adalah sekarang sudah banyak banget orang – orang yang melakukan optimasi website miliknya agar tampilannya cocok untuk pengguna mobile atau biasa yang dikenal Responsive.

Menurut statista.com dari tahun 2016 – 2017 terdapat kenaikan trafik mobile sebesar 6,7% dari 43,6% (tahun 2016) menjadi 50,3% (tahun 2017).

Jadi, pertanyaan dari Gue adalah apakah website Kamu sudah di optimasi dengan smartphone? Sebelumnya, kamu bisa cek terlebih dahulu nih untuk memastikan silahkan kunjungi link berikut https://search.google.com/test/mobile-friendly. Hasilnya gimana? Apakah website Kamu sudah ‘ramah untuk pengguna mobile’ belum? Jika belum silahkan Kamu melakukan optimasi di code nya, tapi kalau ngga mau repot sih mending ganti sama template yang mobile friendly banyak banget bertebaran di Google (tinggal sesuaikan sama platform yang digunakan aja Blogger atau WordPress).

Jangan lupa ya optimasi seo website ngga boleh kelewat.

6. Page Speed Tool

Google Page Speed Testing
Image oleh coderduck.com

Pengen tau berapa score kecepatan website Kamu di perangkat mobile atau desktop? Tools dari Google (lagi lagi dia) ini dapat membantu kamu. What you need to do? Buka link berikut ini https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/. Jika score yang didapatkan kurang biasanya ada beberapa saran yang dikasih untuk perbaikan. Kalo gue sih biasanya dapet problem leverage cache browser.

7. Search Console

Ilustrasi Google Webmaster Tools
Image oleh biznology.com

Tools dari Google (ah lu lagi lu lagi) ini banyak membantu banget pemilik website. Udah pada tahu belum fungsinya? Intinya tools ini dapat Kamu gunakan untuk monitor atau memanage sebuat website yang tampil di Hasil Pencarian Google. Sisanya bisa kali riset di Google.

Mau coba? Buka link ini dulu ya https://www.google.com/webmasters/. Kemudian silahkan hubungkan website dengan akun Search Consol/Webmaster Google dan “Just enjoy the show” (Lenka banget).

8. Google Analytics

Review Dikit Google Analytics
Image oleh businessnewsdaily.com

In my opinion nih ya. Tools yang satu ini berguna banget dan hasil yang di dapat sangat – sangat relevan dan fakta lainnya adalah konten yang Gue tulis dari atas sampe bawah bukan semata – mata nge-endorse tools punya si Mbah Google.

Next, kita bicarain Google Analytics. Singkatnya tools ini dapat Kamu gunakan untuk optimasi seo website. Kok bisa? Dengan tools ini, Kamu bisa tahu keyword apa yang digunakan oleh pengunjung website sehingga bisa membuka website yang Kamu miliki.

Selain itu, Kamu bisa tahu nih seberapa banyak user yang mengunjungi website kamu, darimana asalnya, terus menggunakan browser apa, pake perangkat apa buka websitenya (pake obeng atau sendok *krik*).

Sebelum pake mending sih coba riset – riset dulu ya. Kalo udah mengerti (pake banget) bisa buka link berikut ini https://www.google.com/analytics.

This is it! Sup Ayam ala Chef Farah Quinn.

Eh maaf, maksudnya sekiranya itu aja sih yang bisa Gue share. Semoga bermanfaat ya. Jika suka artikelnya bisa di share atau like ya (buat yang mau aja sih *baper*)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here